Cara Hemat Membangun Rumah
25/04/2018 1 Comment Artikel Rizki Jaya

Setelah lama tidak posting artikel karena banyak pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, akhirnya sekarang bisa posting artikel lagi. Dan kali ini kami akan berbagi tips dalam penghematan membangun rumah minimalis.

Banyak diantara kita menginginkan rumah tinggal yang tidak membutuhan banyak biaya dalam pembangunan, alias ingin bangun rumah tinggal yang murah tetapi tidak berkesan ‘murahan’. Tetapi bisakah itu dilakukan mengingat biaya bahan bangunan dan tenaga tukang sekarang sudah tidak murah lagi?

Sebagai permulaan berikut ini ada beberapa tips bangun rumah murah yang mungkin dapat berguna dalam merencanakan dan membangun rumah idaman.

Cara Hemat Bangun Rumah tapi Bagus :

 

  1. Membangun rumah dilokasi strategis yang mudah dilalui transportasi material bangunan, membangun rumah di daerah yang jauh dan sulit untuk pendatangan material bangunannya tentu akan dapat menyebabkan kegiatan membangun rumah menjadi mahal.2. Membangun pada waktu yang tepat dapat menghemat biaya bangun rumah misalnya pada hari raya atau libur nasional terkadang ditemui harga material atau harga tenaga bangunan yang lebih mahal dari harga normal, hal ini tentu dapat menaikkan rencana anggaran biaya bangunan yang disediakan untuk membangun rumah murah.

    3. Jangan terlalu banyak menggunakan sekat dinding dan lekukan lekukan yang tidak perlu. Hal ini untuk menghemat dinding bata / partisi yang akan dipakai.

    4. Gunakan bahan bangunan hias yang perlu saja (hindari pemakaian batu alam dan mainan-mainan yang dirasa cukup membuat boros). Anda bisa menambahkan mainan dan hiasan ini dikemudian hari, jika budget Anda mencukupi.

    5. Atap bisa tetap menggunakan rangka baja ringan disamping kayu. Hal ini karena biaya rangka baja ringan sekarang bisa lebih murah dari pada kayu. Menggunakan atap pelana lebih murah dari pada atap perisai.

    6. Untuk kusen, gunakan kusen aluminium. Hal ini karena biaya hampir sama bahkan relatif lebih ringan dibanding dengan kusen kayu biasa. kami rasa kusen kayu biasa tidak tahan lama apalagi jika rumah tinggal Anda berada dikawasan anti rayap.

  2. Gunakan cat dan kombinasi warna sehingga cukup menarik, dan terkesan tidak murahan. Cat exterior sebaiknya tetap digunakan, karena menjamin keawetan warna pada dinding luar. Untuk dinding dalam, cukup menggunakan cat interior standart.

 

  1. Pemilihan keramik, cukup dengan keramik biasa 30×30, atau 40×40 jika budget Anda mencukupi. Pakai pemilihan warna yang sesuai tentunya. Padukan dengan warna dinding.

 

  1. Pilihlah tukang bangunan atau pemborong profesional yang ahli dibidangnya, hal ini tentu dapat menghemat waktu maupun biaya pembangunan rumah karena dikerjakan oleh sumber daya manusia yang benar-benar mampu mewujudkan rumah bagus sebagai idaman dan impian keluarga.

 

Semoga membantu,.

 

Semoga artikel ini bermanfaat…

Leave Comment
  1. 1

    alfatih

    sangat informatif, terima kasih untuk artikelnya

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
WhatsApp chat