Tips Cicil Rumah Agar Cepat Lunas
16/04/2018 No Comments Artikel Rizki Jaya

Tips cicil rumah agar cepat lunas? Bagaimana mungkin, sedang masa cicilan kan sudah ditentukan saat pengajuan KPR (kredit kepemilikan rumah)? Ya, bagi Anda yang sedang dalam masa mencicil rumah atau tengah berencana membeli rumah  dengan cicilan KPR, tips cicil rumah agar cepat lunas ini tentunya sangat berguna untuk Anda.

Sebagai ilustrasi, jika tenor cicilan KPR Anda selama 15 atau 20 tahun itu berarti Anda harus mencicil selama itu. Waktu yang panjang sehingga terasa melelahkan. Belum lagi apabila nanti di tengah perjalanan ada kebutuhan yang butuh dana besar seperti renovasi rumah, biaya rumah sakit, atau daftar sekolah.

Jadi jika memang bisa dilunasi secepatnya, mengapa tidak?! Untuk itu, simak tips cicil rumah agar cepat lunas berikut ini.

  • Mengurangi Sisa Pokok KPR

Tahukah Anda jika ternyata beban cicilan KPR dapat di atasi dengan mengurangi sisa pokok? Caranya, adalah dengan menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Ketika menerapkan cara ini mungkin saja Anda harus merelakan beberapa biaya hidup harus terpotong, semisal makan siang di luar, tabungan, serta investasi. Bila Anda memiliki penghasilan Rp9 juta per bulan,dimana sekitar Rp3 juta digunakan untuk mencicil KPR—berarti Anda memiliki sekitar Rp6 juta untuk biaya hidup per bulan.

Ke depan, Anda bisa mengurangi biaya hidup, misalnya menjadi sekitar Rp4 juta saja per bulan. Dengan demikian, Anda memiliki Rp2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Jika cara ini diterapkan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas.

  • Pindah Tangan ke Bank Syariah

Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Intinya, ketika Anda melakukan take overatau pindah tangan KPR ke Bank Syariah, maka nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap. Perhitungan ilustrasinya bisa dilihat di bawah ini dengan mengambil contoh marjin 7%.

Pengajuan Kredit    : Rp200.000.000 (marjin 7%, selama 10 tahun)
Keuntungan Bank   : 7% x 10 x Rp200.000.000    = Rp140.000.000
Total KPR                : Rp200.000.000 + Rp140.000.000   =  Rp340.000.000
Angsuran Bulanan  : total KPR / 120 bulan           =  Rp2.833.333

Kesimpulannya, melalui jalan berpindah tangan ke bank syariah Anda memperoleh angsuran yang lebih ringan. Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR Anda. Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

  • Kombinasi Cara Pertama dan Kedua

Lakukan kombinasi cara pertama dan kedua sehingga Anda akan mendapat keuntungan berlipat ganda, seperti:

  • Angsuran menjadi lebih ringan
  • Masa kredit lebih cepat
  • Beban bunga lebih kecil

Jadi, jangan takut beli rumah dengan cara KPR karena kini Anda sudah tahu tips cicil rumah agar cepat lunas. Selamat mewujudkan mimpi punya rumah sendiri.

Semoga Bermanfaat…..

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
WhatsApp chat